Review: 10 Days Challenge Bersama Basic Skincare Superfood Face Oil Serum Ocean Series

By sausan - Juli 17, 2021

Hello people!

Bulan kemarin aku baru aja ngelakuin sebuah challenge buat mencoba salah satu produk selama 10 hari secara intensif. Di post kali ini aku bakal bahas pengalamanku selama 10 hari itu. Baca lengkapnya sampai bawah ya!


Basic Skincare Superfood Oil Serum Ocean Series

Okay, pertama-tama aku mau memperkenalkan produknya dulu. Produk yang aku coba ini adalah sebuah face oil serum dari brand lokal asal Bali bernama BASIC SKINCARE. Unik banget namanya! Kalian harus tau nama produknya karena lebih unik lagi, yaitu Superfood Face Oil Serum Ocean Series. Superfood? Apa tuh?


Jadi Face Oil Serum ini mengandung spirulina. Spirulina dikenal sebagai the most nutrious food dan punya banyak manfaat untuk kulit. Sebelumnya aku sering lihat ingredients ini ada di produk masker. Ini pertama kalinya aku mencoba face oil serum dengan kandungan spirulina.


Spirulina yang digunakan oleh BASIC SKINCARE juga berasal dari petani lokal di Bali, selain itu 1% keuntungannya juga diberikan ke lingkungan. What an amazing brand! Selain itu, produk ini juga merupakan vegan skincare karena ingredientsnya yang terbuat dari tanaman (plant-based).


Buat ingredients lengkapnya, aku cantumin di bawah ini ya.


Ingredients


Basic Skincare Superfood Oil Serum Ocean Series Ingredients

Water, Propylene Glycol, Caprylic/Capric Triglycerides, Dicaprylyl Carbonate, Glycerine, Cranberry Extract, Curcuma Domestica Rhizome Extract, Spirulina Liquid, Vitis Vinifera (Grape) Seed Oil, Linum Usitatissimum (Linseed) Seed Oil, Simmondsia Chinensis (Jojoba) Seed Oil, Glycyrrhiza Glabra Extract, Rosemarinus Officinalis (Rosemary) Extract, Melaleuca Alternafolia (Tea Tree) Leaf Oil, Ulva Lactuca Extract, Lauryl Glucoside, Polyglyceryl-6-Laurate, Ocinum Basilicum (Basil) OIl, Tocopherol, Hydroxyethyl Acrylate/Sodium Acryloyldimethyl Taurate, Acasia Senegel Gum, Myristyl Glucoside, Pottasium Sorbat, Xanthan Gum, 1,2-Hexanediol, Sodium Benzoate, Citric Acid.


Superfood Face Oil Serum ini juga punya 11 ingredients yang menarik banget, diantaranya:

  1. Spirulina untuk membantu mendetoksifikasi kulit, menenangkan iritasi, dan anti-acne.

  2. Seaweed untuk membantu merangsang kolagen dan anti-inflamasi.

  3. Tea tree oil untuk membantu melawan jerawat.

  4. Curcuma untuk membantu mencegah penuaan dan kaya antioksidan.

  5. Grapeseed Oil untuk membantu menyamarkan noda atau bekas jerawat.

  6. Jojoba Oil untuk membantu melembabkan kulit.

  7. Licorice untuk membantu mencerahkan kulit.

  8. Flaxeed oil yang kaya akan antioksidan, membantu mencegah keriput dan bintik hitam.

  9. Rosemary untuk membantu mengontrol produksi sebum.

  10. Basil untuk membantu mencegah penuaan.

  11. Cranberry untuk membantu menyamarkan noda dan bekas jerawat.


Selain 11 ingredients tadi, produk ini juga mengandung Citric Acid di akhir daftarnya. Ingredients ini termasuk golongan AHA yang diekstrak dari buah-buahan. Kaya akan antioksidan dan membantu mencerahkan kulit.


Face oil serum ini juga bisa disebut dengan 2in1 skincare. Karena bisa menjadi treatment (serum) dan moisturizing juga. Cocok banget buat yang suka minimalis skincare tapi kulit juga tetap ternutrisi dengan baik.


Baca juga: Review Datglowskin Skin Tonic pada Kulit Berjerawat


Packaging


BASICSKINCARE ini juga mengurangi penggunaan plastik. Jadi langsung dikemas di kardus dan kardusnya juga lucu banget!! Di kardusnya udah ada keterangan dan ingredients produknya, bahkan ada bahasa Indonesia dan Inggris. Lengkap banget!


Basic Skincare Superfood Oil Serum Ocean Series Packaging

Oh iya, serumnya sendiri ada 20 ml dan dikemas di botol kaca yang tebal. Kaca yang dipakai adalah jenis frosted glass jadi kokoh banget dan masih bisa terlihat juga sisa produk di botolnya. Pipetnya juga bagus dan karetnya kuat. Keliatan banget sih mana packaging yang high quality dan yang biasa aja.


By the way, cara buka kardusnya juga unik. Aku kasih lihat dibawah ini ya:


Basic Skincare Superfood Oil Serum Ocean Series

Texture


Tekstur serum ini cukup ringan meskipun namanya Face Oil Serum. Teksturnya milky, berwarna putih dan agak kental. Gampang banget diratakan ke wajah dan menyerapnya cepat. Rasanya lebih kayak pakai serum aja, bukan face oil. Serumnya meresap sempurna, ringan, dan nggak greasy.


Tekstur Basic Skincare Superfood Oil Serum Ocean Series

Aromanya menurutku juga unik! Spirulina dikenal sama baunya yang kurang nyaman, dan BASIC SKINCARE nggak menambahkan aroma buatan. Face Oil Serum ini punya aroma rempah-rempah yang berasal dari 11 ingredients yang aku jelasin sebelumnya. Menurutku pribadi waktu pertama kali buka serumnya, aromanya itu mirip rumput basah yang dicabut dari tanah. Deskripsiku agak aneh tapi itu yang aku rasain 🥲


Setelah aku teteskan serumnya ke wajah dan mulai meresap, aroma kunyitnya jadi lebih dominan. Pertama aku juga agak kaget, tapi setelah beberapa kali pemakaian juga udah terbiasa. Aku juga nggak sensitif sama aroma jadi nggak masalah sama sekali, tergantung selera masing-masing aja.


My Experience


Akhirnya! Terimakasih ya yang udah baca sampai sini, I appreciate that.


Sebelum menambahkan produk ini di skincare routineku, masalah kulitku masih sama seperti biasa yaitu jerawat, beruntusan dan bekasnya. Jenis kulitku kombinasi tapi cenderung berminyak di area t-zone.


Oh! Aku hampir kelupaan buat bahas tentang challengenya. Jadi yang aku lakuin ini adalah 10 Days Challenge buat pemakaian produk ini secara intensif, aku udah rekam progress pemakaiannya selama beberapa hari sekali dan akan aku upload di Instagramku (@sansblog) nanti. Selama 10 hari itu, aku nggak pakai serum ataupun treatment lain. 


Aku pakai 3 tetes di setiap pemakaian, pagi dan sore. Dannn! Jangan lupa dikocok dulu sebeum pakai. Produknya juga sisa hampir setengah karena aku pakai secara rutin. Aku cuma pakai toner, Superfood Face Oil Serum, dan sunscreen untuk pagi dan moisturizer di malam hari. Ini produk-produk yang aku pakai:


  • By Ecom Pure Calming First Water (Toner)

  • By Ecom Pure Calming Cream (Moisturizer)

  • Base Ultra Matte Natural Sunscreen (Sunscreen)



Buat first impressionnya, aku masih terkaget-kaget karena rasanya ringan tapi tetep terasa lembabnya. Face Oil ini bisa menghidrasi dan melembabkan juga, bedanya apa sih? Kulit yang terhidrasi berarti kebutuhan kulit akan kandungan air sudah tercukupi, sedangkan melembabkan berarti kebutuhan kulit terhadap kandungan minyak sudah tercukupi. Awalnya aku penasaran nggak mau pakai moisturizer setelahnya, tapi karena kulitku rawan dehidrasi juga jadi aku lanjutin lagi pakai moisturizer.


Di pipi kiriku ada jerawat yang ngeselin banget, karena di satu titik ada 3 jerawat jadi meradang dan memerah. Di sebelahnya juga masih ada lagi. Butuh sekitar 3 hari dan jerawat yang ngumpul itu mateng dan aku tinggal keluarin isinya pakai acne patch aja. 


Hasil Pemakaian Basic Skincare Superfood Oil Serum Ocean Series

Next! Sekitar hari kelima tiba-tiba di area jidatku ada beruntusan baru gara-gara siangnya aku telat cuci muka padahal habis perjalanan jauh naik motor. Di hari ke sepuluh, udah membaik banget dan teksturnya udah rata juga. Masih ada beberapa bekasnya tapi pasti bisa lebih cepat hilang. 


Finally, setelah 10 hari pemakaian jerawat bandel di pipi kiriku udah nggak timbul lagi. Terasa banget healingnya lebih cepat dan sisa bekasnya aja. Meskipun agak PR karena jenis bekas jerawatku itu merah yang memudarnya lebih lama. Foto before-after buat bagian pipiku ada dibawah ini ya!


Hasil Pemakaian Basic Skincare Superfood Oil Serum Ocean Series


Conclusion


Fix, 10 hari ini menyenangkan banget karena step skincare routineku jadi lebih singkat. Tekstur kulit jadi membaik dan pori-pori jadi lebih samar karena tingkat kelembaban kulitku yang terjaga banget. Yang bikin senengnya lagi, cuma pakai Superfood Face Oil Serum kulitku langsung glowy sehat banget. Bikin pengen ngaca terus 😆


Where to Buy


Superfood Face Oil Serum Ocean Series ini tersedia di Shopee basicskincareofficial, Ponny Beaute, dan Keranjang Mica seharga IDR 275.000, ada diskon jadi IDR 198.000 juga. Bisa dibeli dengan klik link ini ya.


Thanks for reading and see you on my next post! 💜


Basic Skincare Superfood Oil Serum Ocean Series


  • Share:

You Might Also Like

5 komentar

  1. bruntusan jadi ilaaangg 😍

    aku pernah pake masker spirulina btw dan hasilnya di muka itu enakan, keliatan lebih sehat. penasaran juga kalo spirulina ada di dalem serum, mau coba juga 🥺

    BalasHapus
  2. Flaxeed baru tau akuuu :'). Whoa aku suka nih kalau ada kata "bruntusan ilang", dia wangi dan teksturnya mirip-mirip sama body oil serumnya ya San :'), atau cuma beda di Lactic Acid aja :')

    Penasaran sih aku sama body oil serum nya!

    BalasHapus
  3. serum ini paket komplit banget yaah, semua active ingredients yang aku butuhkan jadi satu

    BalasHapus
  4. Nah iyak ku juga di area jidat super sensitif suka banget kaya gitu uhuhu.

    BalasHapus
  5. Dulu taunya spirulina cuma jadi masker, bisa jadi kandungan di serum dan hasilnya nampol banget ya mbaaa :)

    BalasHapus