[REVIEW] COSRX AHA/BHA Clarifying Treatment Toner

By sausan - September 20, 2020

Hello, everyone!

So hari ini aku bakal ngebahas tentang exfoliating toner pertama yang aku pakai. Meskipun aku udah kenal skincare dari lama, aku baru sadar dan mulai mencari tau tentang apa itu exfoliate dan apa aja manfaatnya.

Exfoliating itu apa sih?

Exfoliating adalah sebuah treatment untuk membantu pengelupasan sel kulit mati yang bisa membuat wajah lebih halus dan terawat. Jenis exfoliating  sendiri ada dua, yaitu chemical (acid) dan physical (scrub) exfoliating. Kalau kalian penasaran dan ingin baca lebih tentang apa itu exfoliation, kalian bisa cek dan baca disini karena penjelasannya singkat dan gampang dipahami.

Kali ini aku akan ngebahas chemical exfoliating menggunakan produk COSRX AHA/BHA Clarifying Treatment Toner. As always, COSRX adalah salah satu brand  Korea kesukaanku.


Basic series dari COSRX ini punya packaging yang mirip, yaitu botol plastik keras dan aplikator sesuai jenis produknya. Untuk toner ini, packagingnya adalah botol berwarna putih buram dengan tulisan kombinasi warna hitam dan ungu, aplikatornya berbentuk spray. Aku sendiri suka warna botol yang kayak gini karena aku bisa melihat sisa produknya secara langsung, nggak takut habis tiba-tiba! Sayangnya aku kurang suka sama aplikator yang berbentuk spray meskipun spraynya halus banget dan nggak meleber kemana-mana. Menurutku untuk produk exfoliate mending pakai tutup biasa karena pemakaiannya pun lebih sering menggunakan kapas, bikin lebih hemat juga.

Di kardusnya sendiri juga udah tertulis keterangan lengkap mulai dari cara pakai, daftar komposisi, sampai tempat produksi juga. Udah sangat informatif sih, apalagi ditulis dengan bahasa Inggris juga jadi nggak perlu takut karena nggak paham informasinya.

Komposisi toner ini juga nggak macem-macem alias minimal ingredients, AHA-nya menggunakan Glycolic Acid dan BHA-nya memakai Betaine Salicylate yang berfungsi untuk sebagai exfoliant. Selain itu, toner ini juga paraben-free, alcohol-free, dan free-free lainnya yang bisa kalian baca di incidecoder atau skincarisma. Kedua website ini ngebantu banget buat kalian-kalian yang penasaran tentang komposisi produk apa sih yang terkandung di produk skincare kalian.

Toner ini termasuk mild exfoliating toner karena kandungan AHA dan BHAnya masing-masing 0,1% jadi aman dipakai setiap hari (untuk kulit yang udah kebiasa sama acid). Kenapa aku tulis 'untuk kulit yang udah kebiasa sama acid?'

Saat pakai exfoliating toner meskipun dengan kadar acid yang sedikit, kulit kita jadi lebih sensitif dengan sinar matahari jadi kita harus pakai sunscreen dengan SPF 30 atau lebih tinggi. Makanya, untuk pakai exfoliating toner disarankan untuk udah punya basic skincare yang kuat dan pastikan kulit udah siap untuk memakai exfoliating toner.

Pakainya juga nggak boleh asal, kita harus patch test atau tes produk dulu di bagian kulit yang lebih sensitif, contohnya di belakang telinga, rahang, atau area wajah yang mudah berjerawat atau iritasi. Setelah itu, pakai secara bertahap, mulai dari 1 minggu sekali, 2 kali seminggu, hingga akhirnya bisa setiap hari. Toner COSRX AHA/BHA Clarifying Treatment Toner ini bisa dipakai setiap hari ketika kulitnya udah siap, untuk jenis lain menyesuaikan ya, nggak bisa disama rata.

Aku sendiri juga pakai secara bertahap, mulai dari patch test sampai bisa pakai tiap hari. dan itu juga membutuhkan waktu beberapa minggu. Aku pernah coba pakai ini dengan kapas atau langsung disemprot setiap malam, tapi aku merasa lebih keliatan efeknya waktu pakai dengan kapas. Aku juga pernah pakai toner ini setelah pakai masker dari Poupeepou dan kebukti toner ini bisa bantu angkat residu-residu sisa masker sebelumnya.

Teksturnya watery, bener-bener kayak air biasa, bening. Lumayan cepat meresap asal pakainya nggak kebanyakan. Nggak ada aroma-aroma khusus yang mengganggu, pokoknya aku enjoy banget pakai toner ini.

Efek untuk kulit?

Kulit terasa jauh lebih sehat! Aku merasa produk ini bikin skin barrierku lebih bagus (tentunya ditambah hydrating products ya) dan bantu jerawat jadi lebih cepat kering. Bukan kering dramatis ya, tapi proses healingnya lebih cepat dibanding pakai spot treatment.

Untuk blackhead, nggak terlalu ngaruh sih. Aku sendiri nggak pusing ngurus blackhead karena aku baru aja tau bahwa nggak semua bintik hitam di hidung itu blackhead, tapi bisa aja sebaceous filamentKalau whitehead, agak sedikit berkurang.

Karena lebih sehat, kulitku jadi nggak terlalu kusam dan bekas jerawat yang merah jadi agak mereda dan menipis juga. Karena ini juga aku bisa bilang bahwa exfoliating itu penting banget, bener-bener jadi agent of change!

Last but not least, toner yang aku pakai ini ukurannya 150ml. Beberapa waktu lalu akhirnya COSRX keluarin toner yang isinya lebih banyak yaitu 280ml! Aku sendiri pakai yang 150ml bisa lebih dari 6 bulan, kemungkinan nggak akan beli yang ukuran besar sih, LOL.


Conclusion

Inti dari semuanya, kulitku jauh lebih bersih dari tumpukkan sel kulit mati jadi otomatis penyerapan produk skincare setelahnya bisa lebih maksimal. Jadi tentu aja aku merasakan kulit lebih sehat, whitehead berkurang, jerawat lebih cepat kering, dan kulit jadi nggak terlalu kusam.

So far, aku suka banget produk ini dan definitely will repurchase! Ada rencana buat pakai produk yang presentasenya lebih tinggi sih, but we'll see later.

Untuk harganya sendiri bervariasi, mulai dari IDR 150.000-400.000. Kalian bisa dapatkan produk ini di SociollaShopeeTokopedia, atau online shop terpercaya langganan kalian!

Kalian bisa pake kode diskon "SBN06AA32" untuk minimal pembelian IDR 150.000 di Sociolla lho.



Jangan lupa follow blog ini biar kalian nggak ketinggalan post terbaru aku ya, boleh juga ke instagram aku: sansblog. Hit me up!

See you on my next post!

Cheers!

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar